Jumat, 16 Februari 2018

Membuat Sepatu Lukis??? Kenapa Tidak.....
Gaya hidup yang semakin modern menuntut kita untuk kreatif dengan membuat sesuatu yang biasa menjadi kreasi yang unik dan mempunyai nilai jual, salah satu yang dilirik kaum muda belakangan ini adalah pakaian terutama sepatu. Pernahkah kamu berimajinasi membuat sepatu yang kamu pakai sehari-hari dapat dilirik banyak orang, bahkan bisa mendapatkan banyak uang. Kenapa tidak?
Trend sepatu lukis sendiri sebenarnya sudah dimulai beberapa tahun lalu, tetapi harga yang terlalu mahal untuk satu buah sepatu yang telah dilukis walau hanya gambar sederhana serta sulitnya mencari pelukis sepatu berdampak kurangnya minat untuk membeli sepatu lukis. Apabila anda menginginkan sepatu lukis yang murah dan pas dengan keinginan hati kecil anda, kenapa tidak membuat saja sendiri? Pada umumnya membuat sebuah karya seni di sebuah bidang yang tidak biasa merupakan tantangan tersendiri, apalagi bagi orang awam, tetapi semua itu bisa dipelajari dengan kreatifitas kita dan kemauan yang kita miliki karena menurut saya tidak ada sebuah karya seni yang jelek, karena sudut pandang sebuah karya seni dianggap baik atau tidak tergantung orang yang membuatnya, jadi janganlah takut untuk membuat sebuah karya. Lebih bangga apabila kita dapat membuatnya sendiri kan?
Untuk membuat sepatu lukis sendiri minimal kita membutuhkan sepatu, kuas, pulpen atau pensil,dan cat serta pallete sebagai tempat untuk mencampur cat. Bahan serta alat yang kita gunakan pun tidak harus mahal, sepatu yang secara umum dapat dijadikan media untuk melukis adalah sepatu kain atau sepatu kanvas polos, misalnya seperti gambar dibawah.
Sepatu ini tergolong sepatu yang amat murah, harga per satuan sepatu ini berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp150 rupiah. Sedangkan untuk catnya, saya menganjurkan anda untuk menggunakan cat sejenis acrylic karena harganya yang tidak terlalu mahal dan cukup bagus kualitasnya, merk yang biasa saya gunakan adalah Marries dan Kappie karena mudah didapat di toko alat tulis dan toko-toko lukis, harganya berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per warna, untuk pallete jika anda malas untuk membeli dapat juga dibuat dengan menggunakan barang-barang bekas seperti gelas air mineral. Pensil dan pulpen mungkin anda tidak perlu membeli karena saya yakin anda pasti sudah memilikinya.

Jadi sebelum mulai melukis kita pastikan dulu sepatu yang akan kita lukis bebas dari kotoran dan debu yang menempel, kemudian kita harus memiliki gambaran, apa yang ingin kita gambar di situ? Semakin rumit desain yang dibuat maka semakin sulit pula kita membuatnya, jika anda takut hasil yang kurang maksimal sebaiknya buatlah desain sketsa berupa gambar yang mudah tetapi unik atau pola-pola tertentu untuk desain sepatu lukis pertama anda. Anda juga dapat meniru gambar-gambar sepatu lukis lainnya di internet jika ingin lebih gampang, berikut merupakan contoh sepatu lukis dengan desain simple bersumber dari internet.


Hal yang paling penting dalam melukis di sepatu ini adalah jangan takut salah, karena jika anda membuat kesalahan dalam melukis anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan mengecat ulang bagian yang salah dengan warna sebelumnya.
Setelah menggambar pola atau sketsa yang kita inginkan di sepatu yang akan kita lukis hal yang kita lakukan selanjutnya adalah melukis atau memberikan warna di sketsa tersebut dengan menggunakan cat acrylic dan kuas kecil yang sudah disediakan, anda dapat mencampur cat dengan sedikit air sekedar untuk mempermudah dalam melukis. Untuk pewarnaan sendiri anda dapat menggunakan warna polos ataupun gradasi dari beragam warna. Setelah pewarnaan anda tinggal mengeringkan sepatu yang telah dilukis di bawah sinar matahari, lampu pijar atau dapat menggunakan hairdryer. Jika sepatu telah kering anda dapat langsung menggunakannya untuk beraktifitas atau jika ingin lebih sempurna lagi anda dapat lebih mengkilatkan sepatu dengan cara menyemprot menggunakan cairan clear.
contoh hasil sepatu yang sudah jadi dan dapat kita cari di internet :
Yap, setelah jadi anda dapat langsung memakainya kemana saja, lebih unik gambar di sepatu anda lebih unik pula penampilan anda, akan lebih bangga juga karena anda yang telah membuatnya sendiri. Silahkan mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Sepatu Lukis??? Kenapa Tidak..... Gaya hidup yang semakin modern menuntut kita untuk kreatif dengan membuat sesuatu yang biasa ...