Jumat, 16 Februari 2018




Ekspresikan Imajinasimu lewat lukisan di Sepatu


           Sepatu lukis sendiri merupakan sekarang ini banyak dijadikan produk handmade yang diminati dan dibeli oleh masyarakat luas. Tapi, apa sih, bagusnya sepatu lukis jika dibandingkan dengan sepatu-sepatu biasa yang ada di toko? Di sisi lain, kenapa para pengrajin lebih memilih sepatu sebagai media untuk menghasilkan karya seni?

Berkarya di atas media yang unik dan mudah didapat


sepatu-lukis-1
Beda sepatu, beda cara dan bentuk lukisannya.

Dibandingkan kanvas lukis berbentuk kotak yang sudah umum, sepatu adalah media lukis yang sangat-sangat unik dan tidak biasa. Memang, ruang lukisnya jadi lebih kecil jika dibandingkan dengan kanvas lukis biasa. Tapi, ruang yang kecil dan tidak biasa itu justru punya tantangan sendiri.
Pertama, karena medianya kecil, sang pengrajin atau pelukis harus bisa memastikan bahwa gambar kecil yang dilukisnya bisa mengekspresikan atau mengatakan kisah atau cerita yang dia inginkan. Kedua, tidak seperti kanvas lukis biasa yang ruang kosongnya cukup besar, rata, dan berwarna putih, sepatu punya bentuk yang unik dan tidak rata, sehingga apa yang akan digambar atau dilukis harus dipikirkan dengan matang agar muat dan pas di permukaan sepatunya. Selain itu, kadang sepatu yang dilukis tidaklah berwarna putih, sehingga tantangan yang dihadapi juga semakin menarik.
Intinya, memang, sepatu adalah media lukis yang relatif kecil. Tapi meskipun begitu, proses menggambar dan membuat sepatu lukis menjadi sebuah karya seni dan produk handmade yang bagus tetap perlu perencanaan yang matang.

Berekspresi media yang berguna dan dipakai


Melukis di atas sepatu atau membuat sepatu lukis juga punya keunikan sendiri ketika sudah selesai dibuat. Lukisan biasa umumnya hanya akan menjadi pajangan atau harus melalui proses tertentu sebelum dipindahkan ke media lain. Di sisi lain, karena menggunakan sepatu yang merupakan pakaian sehari-hari sebagai media lukis, sepatu lukis yang jadi atau sudah selesai dibuat akan dipakai oleh siapapun yang menyukai atau membelinya. Dengan kata lain, karya seni yang dibuat oleh pengrajin tersebut akan dipakai dan dibawa ke berbagai tempat, dan dilihat oleh orang banyak.
Pengrajin yang melihat sepatu lukisnya dibeli, dan dengan bangga dipakai oleh orang yang membelinya pasti akan merasa senang karena karya seninya disukai dan dibawa ke mana-mana. Pengrajin itu juga akan semakin senang jika sang pemakainya mendapat pujian karena penampilan dan/atau sepatunya yang unik. Jadi, membuat sepatu lukis adalah membuat karya seni yang berguna bagi orang banyak, dan memakai sepatu lukis adalah bentuk apresiasimu atas karya seni tersebut.

Menjadi identitas dirimu yang unik


sepatu-lukis-2
Suka Mario? Bagaimana kalau perlihatkan rasa sukamu di permukaan sepatumu.

Oke, membeli sepatu lukis dari pengrajin lokal adalah bentuk apresiasimu kepada pengrajin tersebut. Tapi, manfaat lebih yang kamu dapatkan dari sepatu lukis bukan cuma itu. Sepatu lukis biasanya memiliki desain yang unik dan beragam, mulai dari bentuk corak yang unik, gambar karakter, atau gambar-gambar lainnya. Salah satunya pasti ada yang kamu suka. Lagipula, kamu juga bisa secara khusus memesan desain yang kamu inginkan ke pengrajin sepatu lukis tersebut. Dengan begitu, sepatu lukis yang kamu pakai nantinya akan benar-benar mencerminkan dirimu.
Selain itu, tiap sepatu lukis pasti dilukis dengan tangan pengrajinnya langsung. Jadi, meksipun pengrajin sepatu lukis membuat sepatu lukis dengan desain yang sama, gambar yang dia lukis pasti punya perbedaan satu sama lain. Jadi, semirip apapun dengan sepatu lain, tiap sepatu lukis pasti unik dan tidak ada duanya.

Kalau kamu suka dengan sepatu kets atau sepatu santai dengan bahan kanvas dan mau punya sepatu yang unik, “gue banget”, dan tidak ada duanya, sepatu lukis handmade adalah salah satu pilihan yang cocok untukmu. Di Inspirasiku, kami juga akan menyediakan sepatu lukis handmade buatan pengrajin Indonesia. Kalau penasaran, langsung saja kunjungi website kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Sepatu Lukis??? Kenapa Tidak..... Gaya hidup yang semakin modern menuntut kita untuk kreatif dengan membuat sesuatu yang biasa ...